Tanda-tanda kehamilan

Tanda-tanda kehamilan

Tanda-tanda kehamilan
Tanda-tanda kehamilan.- Kehamilan adalah penyatuan sperma dari laki-laki dan ovum dari perempuan. Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir.

Apa saja tanda-tanda kehamilan yang bisa mengindikasikan bahwa seorang wanita sedang mengandung janin atau hamil ? Setelah berhubungan intim dengan pasangan, terutama pada masa subur dan tanpa alat kontrasepsi, sebaiknya seorang wanita mengetahui tentang tanda kehamilan. Tanda-tanda kehamilan tersebut bisa dikenali dengan mudah. Pasalnya, perubahan hormon bisa terjadi lebih cepat dibandingkan yang Anda kira. Di antara sekian banyak tanda-tanda kehamilan, mual muntah bisa dibilang sebagai tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Akan tetapi, tak semua wanita mengalami tanda-tanda kehamilan yang serupa.
Berikut 7 Tanda-tanda kehamilan.

Tanda-tanda kehamilan

Payudara membengkak
Salah satu tanda kehamilan yang terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan adalah payudara terasa nyeri, bengkak, dan lebih penuh atau lebih berat.

Selain itu, area sekitar puting juga terlihat semakin besar dan warnanya makin gelap. Kondisi tersebut disebabkan meningkatnya kadar hormon progesteron. Oleh sebab itu, kenakanlah bra yang tepat supaya bisa menopang payudara dengan sempurna, terutama saat Anda olahraga.

Kelelahan
Saat hamil, meningkatknya jumlah hormon progesteron akan membuat Anda lebih lelah daripada sebelumnya. Oleh karena itu, ibu hamil harus banyak istirahat dan mengonsumsi makanan yang kaya protein serta zat besi untuk menyeimbangkannya.

Mual muntah
Salah satu ciri-ciri orang hamil adalah mual dan muntah. Meski ciri-ciri orang hamil ini disebut morning sickness, keluhan mual muntah bisa terjadi kapan saja dalam sehari. Mual muntah mulai muncul saat usia kehamilan memasuki 7 - 9 minggu, atau bisa lebih awal. Mual muntah disebabkan meningkatnya hormon beta-HCG. Ada beberapa cara mengatasi mual muntah, meski demikian Anda tidak perlu khawatir gejala ini biasanya akan hilang setelah usia kandungan 12 - 16 minggu.

Ngidam
Saat sedang hamil, wanita sering kali menginginkan makanan tertentu. Bahkan, makanan yang tidak disukai sebelum hamil, lho. Hal sebaliknya juga bisa terjadi. Ngidam biasanya terjadi pada kehamilan pada trimester pertama.

Penciuman lebih sensitif
Kebanyakan wanita hamil akan mengalami penciuman yang lebih sensitif. Sebut saja terhadap bau-bauan seperti rokok, bau masakan, hingga parfum. Hal itu terjadi disebabkan karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Sering buang air kecil
Ciri-ciri orang hamil adalah intensitas buang air kecil yang meningkat. Hal ini biasanya disebabkan oleh rahim yang mulai berkembang dan mendorong kandung kemih. Alhasil, Anda pun sering buang air kecil secara terus-menerus.

Mood swing
Mood swing atau perubahan suasana hati selama kehamilan adalah hal yang sering dialami wanita. Tanda-tanda kehamilan ini disebabkan perubahan hormonal yang dapat memengaruhi emosi selama hamil. Setiap ibu hamil memiliki respons yang berbeda-beda terhadap perubahan hormon ini.

Jadi, jangan kaget bila tiba-tiba wanita hamil bersikap pemarah, namun bisa tenang dalam jangka waktu singkat.

Referensi : http://meetdoctor.com/

Itulah Tanda-tanda kehamilan yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah menyempatkan waktunya berkunjung ke blog kami yang sederhana ini.

Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Sering Kencing

Tanda-tanda kehamilan

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tanda-tanda kehamilan"

Poskan Komentar