Makanan sehat untuk penderita asam urat

Makanan sehat untuk penderita asam urat

Makanan sehat untuk penderita asam urat.- Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin.

Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini.Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan. Ikan hearing atau sejenisnya (sarden), dan jeroan merupakan sumber senyawa sangat potensial. Yang tergolong jeroan bukan saja usus melainkan semua bagian lain yang terdapat dalam perut hewan - seperti hati, jantung, babat, dan limfa, jeroan memperberat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin.

Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darahnya, yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit.

Jeroan memang merupakan salah satu hidangan menggiurkan, di antaranya soto babat, sambal hati, sate jantung, dan kerupuk limfa. Tetapi salah satu dampaknya, jika tubuh kelebihan senyawa purin maka si empunya diri mengalami sakit pada persendian.

Untuk mengatasi asam urat, Ada beberapa makanan / buah-buahan yang bagus untuk penderita asam urat. Berikut makanan / buah-buahan yang bagus untuk penderita asam urat.

Makanan sehat untuk penderita asam urat

Ceri
Mengandung antosianin yang mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Antosianin ini mencegah pengkristalan asam urat dalam persendian. Ceri dapat menetralkan zat asam dan mencegah peradangan serta rasa nyeri. Untuk hasil yang optimal, konsumsi 200 gram ceri tiap hari.

Apel
Kandungan dalam buah apel yang bisa menurunkan kadar asam urat yaitu asam malat. Dengan mengkonsumsi apel, penderita akan terbantu mengurangi kadar asam uratnya. Agar mendapatkan khasiat apel, sebaiknya konsumsi minimal satu apel setelah selesai makan.apel memang makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol yang enak.

Jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung asam sitrat dimana asam sitrat ini merupakan pelarut asam sitrat alami. Dengan mengkonsumsi segelas air perasan jeruk nipis sehari dua kali maka penderita asam urat sudah mendapatkan manfaat bagi tubuh.

Kacang panjang perancis
Makanan yang satu ini ternyata juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Agar hasilnya maksimal, konsumsilah jus kacang panjang perancis dua kali sehari.

Kacang pinto
Kacang pinto mengandung asam folat dimana asam folat ini sangat berguna menurunkan kadar asam urat yang sedang dialami. Sebaiknya kacang pinto ini dikonsumsi bersama lentil dan biji bunga matahari agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Makanan berserat tinggi
Makanan berserat adalah makanan sehat untuk penderita asam urat. Makanan yang menhandung tinggi serat antara lain sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, apel, wortel, sledri, atau mentimun. Sebuah riset menunjukan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi serat dapat menurunkan kadar asam urat hingga menjadi normal. Karena serat dapat membantu menyerap kelebihan asam urat dari tubuh melalui ginjal.

Pisang
Buah yang satu ini tidak hanya berfungsi menurunkan kadar asam yrat tetapi juga bisa mengurangi peradangan sendi dan pembengkakan akibat penyakit yang satu ini. Agar mendapatkan manfaat terbaik, makanlah pisang delapan sampai sembilan buah tiap hari selama tiga hingga empat hari.

Coklat hitam
Siapa yang tidak suka dengan coklat? Makanan yang satu ini ternyata juga membantu menurunkan kadar asam urat karena kandungan senyawa teobromin. Senyawa yang satu ini bisa menjaga kadar asam urat menjadi normal.

Itulah Makanan sehat untuk penderita asam urat yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi asam urat. Terima kasih Atas kunjungan Anda, dan semoga artikel yang kami sajikan ini bermanfaat untuk Anda.

Baca juga : Obat Herbal Kanker Hati yang Ampuh dan Alami

Makanan sehat untuk penderita asam urat

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Makanan sehat untuk penderita asam urat"

Posting Komentar